Entri Populer

Selasa, 01 Maret 2011

LOKAKARYA METODOLOGI KUANTITATIF

Selasa, 01 Maret 2011, Program Studi Magister Manajemen (MM) Pasca Sarjana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menggelar Lokakarya “Metode Kuantitatif Dalam Penerapan Ekonomi dan Bisnis “, menampilkan narasumber Guru Besar Fakultas Ekonomi UMS, Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si, diikuti 40 peserta, dibuka  Direktur Pasca Sarjana Unisri, Dr. Winarti, mengharapkan agar para dosen program studi Magister Manajemen selalu berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan. Tidak sekedar untuk kepentingan pengumpulan kredit point, namun  dapat diimplementasikan secara nyata memberikan sumbangsih bagi pengembangkan bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Sedangkan Prof. Bambang Setiaji dalam lokakarya antara lain menyatakan riset dengan pendekatan kuantitatif  merupakan  metode yang paling banyak dilakukan di berbagai penelitian baik untuk jenjang S2 dan S3 di jurusan ekonomi  dengan menggunakan metode analissi regresi. Hampir 90 persen thesis di  program S2 di UGM maupun program paska di Universitas di Solo menggunakan regeressi.


Banyak orang sinis kepada metode regresi karena dianggap hanya begitu begitu saja. Hal disebabkan karena  mahasiswa menggunakan jasa rental atau konsultan dalam olah data, mahasiswa hanya bertanya interpetasi parameter yang diperoleh tanpa memahami secara benar dan mendasar keseluruhan metode regresi. Sangat disayangkan apabila nantinya banyak yang lulus doktor namun tidak mengerti benar metodologi riset yang digunakannya.

 ” Menurut pendapat saya, menggunakan alat analisis kuantitatif apapun adalah baik. Tetapi yang penting adalah pemhaman terhadap dasar dasar statistik dan pengembangannya yang dalam ilmu ekonomi disesbut ekonometrik. Ekonometrik tidak lain adalah analisis hubungan variabel variabel ekonomi dengan  statistik khususnya teknik regresi yang dikembangkan untuk menghandle berbagai kebutuhan “, ungkapnya lebih lanjut.(shn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar